SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Karang Taruna Terhadap Pemberdayaan Masyarakat di Kampung KB Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang tahun 2016

I Ketut Andika

Abstrak


ABSTRAK

Andika, I Ketut. 2017. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Anggota Karang Taruna Terhadap Pemberdayaan Masyarakat di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang tahun 2016. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Singgih Susilo M.Si., (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto,.M.Si.

Kata Kunci: PartisipasiKarangTaruna, PemberdayaanMasyarakat

Pemuda merupakan agen dari pada perubahan pada suatu Negara, karena pemuda memiliki peranan penting dalam objek penelitian ini adalah anggota karang taruna yang ada di Desa Karangduren, Desa Kebonagung dan Desa Jatisari. Permasalahan yang ada di karang taruna kecamatan pakisaji yaitu semakin berkurangnya partisipasi anggota karang taruna terhadap pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis ingin melakukan penelitian tentang faktor – faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota karang taruna terhadap pemberdayaan masyarakat.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tabulasi tunggal, tabulasi silang dan Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS 18.00 for Windows.

Variabel umur memiliki pengaruh negative (-) terhadap pemberdayaan masyarakat. Variabel lama sekolah berpengaruh positif (+) terhadap pemberdayaan masyarakat. Variabel lama tinggal memiliki pengaruh negative (-) terhadap pemberdayaan masyarakat, sedangkan variabel pendapatan memiliki pengaruh positif (+) terhadap pemberdayaan masyarakat. Faktor yang memberi sumbangan dominan terhadap partisipasi anggota karang taruna dalam pemberdayaan masyarakat yaitu lama sekolah dan lama tinggal, sedangkan faktor yang memberi sumbangan paling sedikit yaitu umur dan pendapatan.