SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Skala Prioritas Pengembangan Objek Wisata Pantai berdasarkan Skalogram di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang

Tridiana Agustiningsih Siswoyo

Abstrak


RINGKASAN

Siswoyo, Tridiana Agustiningsih. 2017.Skala Prioritas Pengembangan Objek Wisata Pantai berdasarkan Skalogram di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si, (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

Kata Kunci: Prioritas Pengembangan, Analisis Skalogram Guttman, Objek Wisata Pantai.

Kecamatan Bantur memiliki tujuh objek wisata pantai, yaitu Pantai Regent, Pantai Balekambang, Pantai Jembatan Panjang, Pantai Dali Putih, Pantai Kondang Merak, Pantai Banyu Meneng dan Pantai Selok. Tujuh pantai tersebut memiliki karakteristik yang berbeda meskipun berada pada satu garis pantai. Pengembangan dan pengelolaan ketujuh pantai tersebut terdapat kesenjangan. Hal tersebut terlihat dari ketersedian sarana dan prasarana yang mempengaruhi tingkat kujungan wisatawan. Berdasarkan hal tersebut perlu dibuat skala prioritas pengembangan pada objek wisata pantai di Kecamatan Bantur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan objek wisata pantai Kecamatan Bantur dan menentukan skala prioritas pengembangan objek wisata pantai di Kecamatan Bantur. Berdasarkan tujuan tersebut dapat dihasilkan dan diberikan arahan pengembangan pada setiap objek wisata pantai. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis skalogram. Analisis data dilakukan terhadap 5 faktor jenis fasilitas pendukung wisata yakni fasilitas akomodasi, fasilitas makan minum, fasilitas kondisional, fasilitas pusat oleh-oleh, aksesibilitas serta faktor jumlah pengunjung dalam setahun.

Hasil analisis skalogram menjelaskan bahwa objek wisata yang menjadi prioritas utama dalam pengembangan adalah objek-objek wisata yang ketersediaan fasilitas pendukung wisatanya masih tidak lengkap, umumnya adalah aksesibilitas dan fasilitas kondisional. Prioritas I yaitu Pantai Dali Putih dan Pantai Selok, Prioritas II Pantai Jembatan Panjang, Prioritas III Pantai Banyu Meneng, Prioritas IV Pantai Regent, Pantai Kondang Merak dan Pantai Balekambang.

Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah (1) Memberikan perhatian khusus terhadap objek wisata pantai yang menjadi prioritas pengembangan dari segi penyediaan fasilitas pendukung pariwisata.(2)Pengembangan dan pengelolaan objek wisata pantai dibutuhkan keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan ketujuh objek wisata pantai di Kecamatan Bantur dalam bentuk penyediaan jasa dan fasilitas penunjang pariwisata.