SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Daya Dukung Lingkungan Pada Ekowisata Gunung Kukus Taman Nasional Gunung Rinjani

Andi Hermawan

Abstrak


ABSTRAK

Hermawan, Andi. 2017. Analisis Daya Dukung Lingkungan Pada Ekowisata Gunung Kukus Taman Nasional Gunung Rinjani. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

Kata Kunci: Daya Dukung Lingkungan, Ekowisata Gunung Kukus, Taman Nasional

            Gunung Rinjani

 

Pengembangan wisata di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani tentu memiliki dampak terhadap lingkungan. Ekowisata Gunung Kukus merupakan salah satu objek wisata baru yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sebagai kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani harus tetap memperhatikan keaslian dan kelestarian lingkungan. Keaslian ekosistem dan nuansa alami merupakan potensi yang harus tetap dipertahankan dalam pengelolaan kawasan tersebut. Mengantisipasi hal tersebut, suatu objek wisata harus diketahui kemampuan daya dukungnya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kondisi geografis  dan  menganalisis daya dukung lingkungan Gunung Kukus. Berdasarkan tujuan tersebut dapat menghasilkan nilai daya dukung lingkungan atau kapasitas wisatawan yang ideal untuk Ekowisata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Carrying Capacity. Analisis data yang digunakan yakni Physical Carrying Capacity (PCC), Real Carrying Capacity(RCC), Effective Carrying Capacity(ECC).

Kondisi geografis lingkungan Ekowisata Gunung Kukus berdasarkan tingkat curah hujan yang tinggi, kondisi geologi dan bentuk lahan yang dipengaruhi aktivitas vulkanik, kemiringan lereng tergolong agak curam, dan jenis tanah yang peka terhadap erosi rentan terhadap kerusakan lingkungan. Berdasarkan itu pemanfaatan lahan untuk kegiatan pariwisata perlu diperhatikan sehingga tidak mendorong terjadinya kerusakan lingkungan. Hasil perhitungan didapat nilai daya dukung lingkungan pariwisata yang menjadi nilai kapasitas wisatawan yang ideal. Nilai Physical Carrying Capacit (PCC) yaitu 15.855 pengunjung/minggu. Nilai Real Carrying Capacity (RCC) adalah 132 pengunjung/minggu. Nilai  Effective Carrying Capacity (ECC) adalah 119 pengunjung/minggu. Nilai tersebut masih diatas  jumlah rata-rata pengunjung aktual saat ini yaitu 86 pengunjung/minggu. Nilai daya dukung efektif merupakan nilai final yang telah mempertimbangkan faktor koreksi biofisik lingkungan dan kapasitas manajemen area. Berdasarkan nilai tersebut maka jumlah pengunjung  masih dapat dioptimalkan sebesar 27,73%.

Saran yang dapat diberikan di Ekowisata Gunung Kukus adalah (1) pihak pengelola masih harus mengembangkan objek wisata dari segi fasilitas pariwisata yang masih sangat minim. Hal ini dimaksudkan untuk pihak Taman Nasional Gunung Rinjani lebih memperhatikan pengembangan obejk wisata Gunung Kukus ini. (2) Nilai daya dukung pariiwsata atau hasil penelian ini dapat menjadi rujukan dalam perhitungan jumlah pengunjung yang masuk dalam kawasan objek wisata sehingga meminimalisir kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi akibat pengmbangan pariwisata.