SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri 1 Batu Pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam

Sandy Harfianto

Abstrak


 

ABSTRAK

 

Harfianto, Sandy. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Negeri 1 Batu pada Materi Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam. Skripsi, Jurusan Geografi, S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: inquiry, berpikir tingkat tinggi, mitigasi dan adaptasi bencana alam

 

            Kemampuan berpikir siswa dapat terbentuk melalui kebiasaan belajar mereka. Kemampuan berpikir juga dapat didapat melalui proses pembelajaran di sekolah. Salah satu kemampuan berpikir yang dapat terbentuk melalui pembelajaran di sekolah adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat terbentuk dengan bantuan berupa penerapan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa adalah model pembelajaran inquiry. Kelebihan model pembelajaran inquiry mampu mengembangkan keseimbangan aspek kognitif dan psikomotorik. Model pembelajaran inquiry juga dapat membuat siswa belajar sesuai dengan gaya belajar mereka sendiri.

            Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy exsperiment) dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dan  kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Kemampuan berpikir tingkat tinggi diukur menggunakan soal esai yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang dilakukan meliputi uji normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji levene’s test for equality of variences dan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney.

            Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa model pembelajaran inquiry berpengaruh negatif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi lebih tinggi, namun nilai rata-rata gain score kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 1 Batu pada materi mitigasi dan adaptasi bencana alam.  

            Sebaiknya dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry lebih mempertimbangkan waktu pelaksanaan, materi dan karakteristik siswa dalam satu kelas. Keberhasilan pembeajaran inquiry sangat berpengaruh terhadap ketiga aspek teersebut. Pembelajaran inquiry membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan tahapan-tahapan inquiry agar pembelajaran tersebut dapat berjalan secara maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan.