SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Remitensi dan Nilai Harapan (Expectation of Value) Rumah Tangga TKI daerah Asal; Studi Kasus Kecamatan Besuki dan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung

Alifi Saputra

Abstrak


ABSTRAK

Saputra, Alifi. 2017. Remitensi dan Nilai Harapan (Expectation of Value) Rumah Tangga TKI Daerah Asal; Studi Kasus Kecamatan Besuki dan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Budijanto, M.Sos, (2) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.

 

Kata Kunci: TKI, Remiten, Nilai Harapan

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan anatara varibel-variabel yang mempengaruhi nilai remiten TKI beserta nilai harapan rumah tangga TKI di daerah asal, variabel tersebut yaitu meliputi jenis kelamin, pendidikan, beban tanggungan, negara tujuan, lama bekerja, remiten, dan nilai harapan (expectation of value). Sedangkan nilai harapan terdapat tujuh sub variabelnya yaitu kemakmuran, status, kenyamanan, stimulan, otonomi, affiliasi, dan moralitas. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai harapan rumah tangga TKI daerah asal di lahan kering dan di lahan campuran.

Lokasi penelitian ini berada di dua tempat yaitu di Desa Tanggulturus Kecamatan Besuki dan Desa Karangtalun Kecamatan Kalidawir sebagai lahan campuran. Jumlah sampel yaitu 60 rumah tangga TKI di setiap lokasi penelitian, jadi total terdapat 120 sampel rumah tangga TKI. Alat pengumpul penelitian yaitu kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis uji beda (independent sample t-test), tabulasi silang (crosstabs) dan Chi-Square.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan negara tujuan, jenis kelamin dengan remiten, negara tujuan dengan lama bekerja, remiten dengan negara tujuan, dan remiten dengan semua aspek nilai harapan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan negara tujuan, pendidikan dengan lama bekerja, pendidikan dengan remiten, beban tanggungan dengan negara tujuan, beban tanggungan dengan lama bekerja, dan beban tanggungan dengan remiten.

Dari penelitian ini dapat diambil saran bahwa hendaknya para TKI dan keluarganya di daerah asal harus pandai-pandai dalam memanajemen remiten yang dikirim dari TKI, agar nilai harapan yang ada di keluarga daerah asal tetap baik, selain itu juga untuk menjaga kehidupan ekonomi keluarga daerah asal. TKI yang sudah tidak bekerja lagidan menjalankan kehidupan di daerah asal harusnya bisa menerapkan berbagai pengalamannya ketika masih bekerja di negara tujuanuntuk meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi di lingkungan daerah asal.