SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PETA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI MATERI BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR GEOGRAFI KELAS XI SMAN 1 TUREN

Prima Ismadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Sejak pendidikan memasuki era modernisasi, penggunaan media pembelajaran sangatlah penting. Terutama pada mata pelajaran geografi yang membutuhkan peta sebagai salah satu media terpenting. Akan tetapi penggunaan peta konvensional sebagai media pembelajaran semakin menurun. Oleh karena itu, seiring berkembangnya teknologi peta digital adalah jawaban atas tuntutan masa kini yang memerlukan sistem komputerisasi diterapkan.

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh aplikasi peta digital terhadap keterampilan berpikir geografi remaja kelas 11 SMAN 1 Turen Tahun Akademik 2016/2017 dalam materi budaya nasional dan interaksi global. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di dua kelas berbeda yang setara. Kelas tersebut adalah XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 29 siswa. Penelitian ini melalui tahapan pembelajaran 2 kali pertemuan dan 1 kali pertemuan untuk tes post tes. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini lembar tes soal post tes dan observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran.

 

 Penelitian ini diketahui bahwa penggunaan media peta digital dapat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan berpikir geografi siswa pada materi budaya nasional dan interaksi global di SMAN 1 Turen. Pengaruh peta digital terhadap kemampuan berpikir geografi terlihat pada hasil uji t post tes dan nilai rata rata siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai 0,015 lebih kecil dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa Peta digital berpengaruh terhadap kemampuan berpikir geografi siswa. Hal itu juga didukung oleh hasil rata-rata nilai siswa, yang mana kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 70,31 dan kelas kontrol mendapatkan nilai 64,03. Dari kedua data di atas dapat disimpulkan bahwa peta digital berpengaruh terhadap kemampuan berpikir geografi siswa.