SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI

Ummi Qonitatun A'yunin

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran merupakan upaya guru untuk membelajarkan peserta didik. Belajar menjadi lebih efektif apabila terjadi di dalam konteks sehingga konteks termasuk dalam bagian penting dari basis pengetahuan yang berhubungan dengan proses belajar. Implikasinya di dalam pembelajaran adalah penciptaan lingkungan belajar yang riil, autentik, dan relevan sebagai konteks belajar tertentu. Guru dengan model pembelajaran yang diciptakannya harus berfokus pada pendekatan realistis sehingga memudahkan peserta didik dalam belajar memecahkan masalah di dunia nyata. Project Based Learning (PjBL) dianggap menjadi sebuah model pembelajaran yang mengunakan pendekatan realistis karena prinsip dalam model tersebut digunakan untuk pemecahan masalah yang didapat peserta didik dalam lingkungan hidup yang nyata dan dapat disajikannya dalam bentuk karya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) memiliki rata-rata lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar sebelum diberikan perlakuan. Hasil belajar yang lebih baik ditunjukkan dengan adanya kenaikan skor pada rata-rata post-Test. Rata-rata skor  pre-Test yang didapatkan peserta didik sebanyak 54.55 sedangkan post-Test 76.64. Hasil analisis uji t diketahui bahwa nilai p adalah 0,000, nilai p (0,000)