SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Learning Together Menggunakan Creativity Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang

Ira Kurnia Sugiarto

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yaitu rendahnya pemahaman konsep pada pembelajaran geografi. Rendahnya pemahaman konsep geografi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dibuktikan dengan: 1) Hasil ulangan harian masih banyak yang dibawah KKM; 2) Siswa masih kesulitan menjawab pertanyaan guru mengenai konsep kearifan lokal dalam sumber daya alam sub bagian bidang pertanian dan pertambangan; 3) Pembelajaran di kelas masih dijumpai siswa yang kurang aktif; dan (4) Banyak siswa yang kurang suka membaca buku pelajaran dan berbagai sumber yang terkait dengan geografi.

Tujuan penelitian ini meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa dengan model tersebut pada mata pelajaran geografi materi kearifan lokal dalam pemanfaatan sumber daya alam sub bagian bidang pertanian dan pertambangan. Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi begitu pula siklus II. Subjek penelitian yakni siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan jumlah 32 orang. Materi yang digunakan yaitu Kearifan Lokal Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam sub bagian Bidang Pertanian dan pertambangan. Pengambilan data dengan cara observasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep geografi siswa. Rata-rata nilai pemahaman konsep geografi pada pra siklus sebesar 68,25, siklus I 74,06 sedangkan siklus II (83,75). Hal tersebut berarti terdapat peningkatan nilai sebesar 9,69 (13,08%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman konsep geografi setelah penerapan model pembelajaran learning together menggunakan creativity mind mapping. Saran bagi peneliti lanjut dapat menggunakan model yang sama namun harus berbeda variabel aktivitasnya.