SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Peta Pada Isu Spasial Materi Hidrosfer Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Ketapang Kabupaten Sampang

Naylul Amanie

Abstrak


ABSTRAK

Amanie, Naylul. 2017. Pengaruh Model PembelajaranGuided Discovery Berbantuan Peta Pada Isu Spasial Materi Hidrosfer Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X  Di SMA Negeri 1 Ketapang Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I), Purwanto, S.Pd.,M.Si(II) Drs.Rudi Hartono, M.Si

Kata Kunci:Guided Discovery, berpikir kritis, peta

            Kurikulum 2013 tidak hanya menuntut siswa untuk bisa berpikir kritis dengan cara pendekatan ilmiah. Namun,memberikan peluang bagi siswa untuk lebih mandiri dan melatih keterampilan.Mengingat standart kelulusan pada kurikulum 2013 menitik beratkan terhadap 3 hal yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan, guru dituntut mampu menciptakan proses pembelajaran yang bisa mengembangkan 3 hal tersebut. Salah satunya adalah guru dapat mengombinasikan antara model pembelajaran dengan media untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa.

Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran Guided Discovery.Model penemuanterbimbing(Guided Discovery) adalah model pembelajaran yang mengutamakanbelajarmencaridanmenemukansendiri.Dalamproses pembelajaran ini guru menyajikanbahanpelajarantidakdalambentuk yang utuh, tetapisiswa diberipeluanguntukmencaridanmenemukannyasendiridenganbimbingan guru. Model ini menitik beratkan proses  pembelajaran dengan kegiatan praktikum.Tujuan dari model ini adalah siswa akan mengalami proses pembelajaran transfer jangka panjang yang merangsang daya ingat karena mereka melakukan penemuan.

            Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Guided Discovery berbantuan peta terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang  dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalaheksperimensemu (Quasi Eksperimen)menggunakandesainPretest-posttestControl Group Design. Kemampuanberpikirkritis diukurmenggunakan4soalessaidengandilakukanujivaliditasdanreliabilitas.Analisis data meliputiujinormalitas, homogenitasdanujihipotesismenggunakanperhitunganuji t.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui dari rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada Pretestdi dapatkan nilai 60,54.  Selanjutnya pada Posttest nilai yang di didapat sebesar 83,75. Dengan demikian, selisih antara nilai Pretest dan Posttest adalah 23,21. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model Guided Discovery berbantuan peta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi.

 

 

ABSTRACT

Amanie, Naylul. 2017. Influence of Guided Discovery Learning with Map on Spatial Issues of Hydrosphere Material to the Students’ Critical Thinking Ability for the Tenth Graders of SMA Negeri 1 KetapangSampang Regency.Thesis, Department of Geography, Faculty of Social Science, State University of Malang . Supervisors: (I), Purwanto, S.Pd.,M.Si (II) Drs. Rudi Hartono, M.Si

 

Keywords: Guided Discovery, Critical Thinking, Map

               Curriculum 2013 is not only demanded students to be able in thinking by scientific approach.However, it provides opportunities for students to be more independent and train their skills. Given the graduation standard in the curriculum 2013 focuses on 3 things: attitude, knowledge, and skills, teachers are required to create a learning process that can develop these 3 things. One is that teachers can combine learning models with media to stimulate students' critical thinking skills.One of learning models that can be implemented is Guided Discovery learning model.Guided Discovery learning model is a learning model takes priority on trying to search and self-finding. In learning process, teacher does not present learning material in its intact product; however, students given by opportunity to look for and find by themselves with the teacher’s guidance. This model emphasizes on learning process with experiment or practical work activities.The purpose of this model, students will have learning process of transfer for long term in which it will stimulate their memory due to they conduct finding activity.

            The purpose of this research was to know the effect of Guided Discovery assisted map to the student critical thinking ability in the tenth graders towards Geography subject. This research involved 2 classes, tenth graders of Mathematic and Natural Science-4 as experimental class with 33 studentsandtenth graders of Mathematic and Natural Science-5 as control class with 33 students. The research type was Quasi Experimenby using pretest-posttestControl Group Design. Critical thinking ability assessed by using 4 essay questions and performed by validity and reliability test. Data analysis in this research included normality test, homogeneity test, and hypothesis test using t-test.

            The research result showed that there was effect to the student critical thinking ability which found from average test result of critical thinking ability. In the pretest, it was obtained scoreof 60.54, while in the posttest, it was obtained scoreof83.75. Therefore, the difference between pretest and posttest score was 23.21. Based on the result above, it could be concluded that Guided Discovery learning model assisted map able to improve student critical thinking ability in the tenth graders  towards Geography subject.