SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial (Spatial Thinking Skill) Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang

Hyeoronimus Derry Rudolf Widya Utama

Abstrak


ABSTRAK

 

Utama, Hyeoronimus Derry Rudolf Widya. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si., (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Spasial

Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalaman dalam beraktivitas secara nyata. Proyek/tugas yang dihasilkan siswa dalam model pembelajaran ini nantinya harus terkait dengan solusi permasalahan. Kelebihan model Project Based Learning salah satunya mampu meningkatkan keterampilan siswa untuk berpikir spasial, dimana siswa diharapakan mampu menyelesaikan proyek tersebut dengan melihat sekelilingnya apakah proyek tersebut berhubungan dengan sebuah lokasi dan apakah nantinya produk yang dihasilkan dari proyek siswa dapat bermanfaat bagi lokasi-lokasi lain. Hal ini dibutuhkan adanya kolaborasi, sehingga siswa dapat bekerja sama dengan siswa lainnya untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu penggunaan model Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran akan dapat mengasah keterampilan siswa dalam berpikir spasial.

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir spasial siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran Geografi. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan Pre test post test control group design dimana pada penelitian ini melibatkan dua kelas, satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas sebagai kelompok kontrol. Subjek penelitian berjumlah 72 siswa, yang dibagi ke dalam kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL), sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah, diskusi dan tanya jawab). Data penelitian ini diuji menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS for Windows.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sehingga analisis datanya menggunakan metode statistik. Dalam analisisnya dilakukan uji prasyarat baru setelah itu melakukan uji hipotesis. Pengujian tersebut menggunakan taraf signifikan 0,05 dan analisis dilakukan dengan program SPSS. Hasil yang diperoleh adalah Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol sehingga H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan berpikir spasial siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Lawang.