SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Pendapatan Wanita Penambang Batu Koral Terhadap Kondisi Ekonomi Keluarga di Desa Tambak Rejo Kabupaten Pacitan.

Riva Bakhtiar Widayanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Widayanto Eko, Riva B. 2010. Kontribusi Pendapatan Wanita Penambang Batu Koral Terhadap Kondisi Ekonomi Keluarga di Desa Tambak Rejo Kabupaten Pacitan. Skripsi. Jurursan Pendidikan Georafi, Fakultas Ilmu Sosial Universiatas Negeri Malang Pembimbing: (I) Prof. Dr. Achmad Fatchan, M.Pd.  (II) Drs.Budijanto, M.Si

Kata kunci: Karakteristik wanita, pendapatan wanita, kontribusi pendapatan wanita.

 

Adanya penambangan batu koral yang dilakukan oleh wanita di daerah penelitian lebih dikarenakan pada tuntutan hidup yang terus meningkat. Rusaknya lahan pertanian, tidak adanya kesempatan kerja lain di luar sektor pertanian dan kurangnya pengetahuan yang mereka miliki serta kondisi ekonomi keluarga merupakan faktor utama yang memaksa mereka melakukan pekerjaan penambangan batu koral. Selain itu karakteristik yang dimiliki wanita di Desa Tambak Rejo dengan mayoritas berumur 50 tahun ke atas juga merupakan faktor lain penyebab utama mereka melakukan penambangan batu koral.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik wanita penambang batu koral di desa Tambak Rejo Kabupaten Pacitan, (2) pendapatan wanita dari penambangan batu koral, (3) proporsi pendapatan wanita penambang batu koral terhadap kondisi ekonomi keluarga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan area menggunakan teknik purposive yaitu penentuan daerah yang dilakukan dengan sengaja berdasarkan pertimbangan tertentu. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan purposive populasi karena jumlah populasi yang diteliti kurang dari 100 yaitu hanya 40 orang sehingga penentuan respondennya diambil keselurahan jumlah populasi yang ada. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik berupa tabulasi tunggal dan silang

Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) karakteristik wanita penambang batu koral di desa Tambak Rejo Kabupaten Pacitan memiliki umur mayoritas 50 tahun ke atas, memiliki status kawin, memiliki lama kerja 10 - 15 tahun, memiliki jam kerja perharinya 4- 6 jam, mayoritas tidak memiliki status pendidikan atau tidak sekolah, (2) pendapatan wanita penambang batu koral perbulannya mayoritas Rp. 251.000,00 – Rp. 400.000,00, (3) proporsi pendapatan wanita penambang batu koral terhadap pendapatan keluarga yaitu mayoritas sebesar 25% - 50 %.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pemerintah Desa Tambak Rejo untuk melakukan perhatian dan pembinaan terhadap wanita yang melakukan aktifitas penambangan di daerahnya mengingat pekerjaan tersebut sangat besar kontribuinya terhadap ekonomi keluarganya. Penambangan batu koral termasuk kegiatan ekonomi kerakyatan yang seharusnya perlu perhatian lebih dari pemerintah setempat yaitu dengan pemberian fasilitas yang memadai bagi wanita yang bekerja.