SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas xi ips di sma negeri 1 pilangkenceng kabupaten madiun.

lilik nur cahyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemilihan Model Problem Based Learning atau pembelajaran berbasis masalah sebagai fokus pada kajian eksperimen didasarkan pada satu alasan, yaitumodel pembelajaran ini dapat mengembangkan kemampuan untuk berpikir analitis. Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran. Model  pembelajaran yang cocok untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis adalah model Problem Based Learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir analitis. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen atau eksperimen semu, yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan pembelajaran Problem Based Learning, sementara kelas kontrol tidak diberi perlakuan atau pembelajaran ceramah dan tugas rumah.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pilangkenceng.

Instrumen yang akan digunakan adalah soal berupa essay atau uraian. Tes tersebut akan digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa sesuai dengan indikator penerapannya. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest-only control design. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif sehingga analisis data yang digunakan untuk mengolah data menggunakan metode statistik yakni analisis statistik deskriktif dan analisis statistik infrensial parametric.  Analisis data pada dalam penelitian ini menggunakan Uji Statistik dengan bantuan SPSS for windows.

 

Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa ada pengaruh model pembelajaranProblem Based Learningterhadapkemampuanberpikiranalitissiswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pilangkenceng. Berdasarkan hasil analitis menggunakan independent t-test diperoleh nilai 0,319 atau