SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas IX IS di SMA Negeri 1 Sutojayan.

Sofi Daulika Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Sofi Daulika. 2017.Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas IX IS di SMA Negeri 1 Sutojayan. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Budi Handoyo, M.Si, (II) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M.Si.

 

Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman Konsep   Geografi

Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih guru untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi adalah Problem Based Learning. Kelebihan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berkomunkasi, berpikir kreatif dan analitis, serta dapat meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah. Penggunaan model Problem Based Learning disesuaikan dengan materi yang menghubungkan pembelajaran dengan permasalahan yang terkait dengan dunia nyata. Diharapkan siswa dapat mengambil pelajaran dari pengalaman yang mereka temukan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep geografi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan menekankan Pretest-posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI IS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 2 sebagai kelas control. Pengukuran pemahaman konsep geografi menggunakan 4 soal essai yang dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan perhitungan uji t atau Independent Sample T-test.

 

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IS SMA. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep geografi lebih tinggi. Nilai tersebut diperoleh dari penerapan sintak model pembelajaran Problem Based Learning yaitu proses penyelidikan di kelas eksperimen. Pada sintak ini terlihat siswa aktif dalam menyelesaikan suatu pemecahan masalah. Cara belajar seperti ini memberikan pengaruh langsung kepada siswa dalam memahami materi lingkungan hidup. Selain itu juga rasa nyata diperoleh siswa dari Problem Based Learning ini dapat meningkatkan kemandirian dan pengetahuan yang bersifat fakta sehingga siswa lebih mengerti dan pemahaman konsep tentang materi lingkungan hidup akan muncul.