SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa SMA Negeri 1 Tumpang

Dila Dwi Nur Cahyati

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyati, Dila Dwi Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa SMA Negeri 1 Tumpang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd., M.Si (2) Ardyanto Tanjung, S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci: Jigsaw, Pemahaman Konsep Geografi

Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas. Pemilihan model pembelajaran yang cocok sangat dipengaruhi oleh tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut serta tidak lupa tingkat kemampuan siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu jigsaw. Model pembelajaran jigsaw didesain untuk mengembangkan tingkat rasa percaya diri siswa terhadap pembelajaran yang diberikan untuknya ataupun bertanggung jawab atas pembelajaran orang lain. Melalui hal tersebut siswa tidak bergantung dengan kemampuan orang lain untuk menjelaskan materi, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan kepada siswa lain, sehingga hal tersebut tentunya akan berdampak pada pemahaman seorang siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap pemahaman konsep geografi siswa SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan Pre Test dan Post Test Group Design. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal Pretest dan Posttest yang terdiri dari lima soal essay. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Non-Parametrik Test dengan Mann Withney dan dengan bantuan SPSS 16.00 for Windows.

Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap pemahaman konsep geografi siswa SMA Negeri 1 Tumpang. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pretest dan posttest kelas eksperimen yang memiliki nilai rata-rata gain score lebih tinggi yaitu 29,72 daripada kelas kontrol yaitu 25.

 

Saran yang diajukan untuk Guru bidang studi geografi yaitu untuk menggunakan model pembelajaran jigsaw sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa. Saran untuk peneliti lanjutan yaitu menguji cobakan Model Pembelajaran Jigsaw pada materi yang berbeda dalam bidang studi geografi dan jenjang kelas atau sekolah yang lebih tinggi. Selain itu disarankan pula untuk mengkolaborasi model pembelajaran jigsaw dengan model pembelajaran yang lain agar mampu meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa secara signifikan.