SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Media Video Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang

Rizky Ika Hariani

Abstrak


ABSTRAK

 

Hariani, Rizky Ika.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dengan Media Video Terhadap Pemahaman Konsep Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd, M.Pd (2) Drs. Hendri Purwito, M.Si

 

Kata kunci: Two Stay Two Stray, video, pemahaman konsep

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk menciptakan interaksi yang baik antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan salah satunya yaitu model pembelajaran Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Tamu). Model pembelajaran TSTS adalah model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok akan mendiskusiakan suatu permasalahan yang kemudian saling bertukar informasi dengan kelompok lain. Tujuan dari model pembelajaran TSTS yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Video adalah alat yang melibatkan kecerdasan verbal (linguistik), visual (spasial), dan musik (ritmis) siswa dalam proses pembelajaran, terutama dalam proses belajar mandiri. Video diberikan untuk mempermudah siswa dalam menunjukkan contoh yang nyata kepada siswa sehingga siswa tidak hanya berangan-angan atau hanya mendengarkan contoh kebudayaaan dari guru saja tetapi juga mampu memahami dan melihat contoh kebudayaan di Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran TSTS terhadap pemahaman konsep geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tumpang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan Post Test Group Design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal Posttes yang terdiri dari lima soal essay. Teknik analisis data menggunakan uji non parametric test dengan uji hipotesis menggunakan mann-whitney.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang. Hal ini dapat terbukti dari hasil Posttest siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi daripada kelas kontrol.

 

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi geografi adalah untuk menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray sebagai alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu untuk mengujicobakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi yang berbeda dalam bidang studi geografi dan jenjang kelas yang lebih tinggi. Disarankan pula untuk pengembangan model pembelajaran dengan mengujicobakan kombinasi model dan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak pengaruh yang besar terhadap pemahaman konsep geografi siswa dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari model Two Stay Two Stray.