SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penilaian Potensi Objek untuk Pengembangan Wisata Pantai di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Khilyatul Fitria

Abstrak


ABSTRAK

 

Rencana Strategis Pembangunan Kabupaten Jember menonjolkan tiga sektor sebagai prioritas utama pembangunan yaitu pertanian, perikanan dan pariwisata. Berdasar prioritas utama pembangunan tersebut sektor pariwisata termasuk menjadi prioritas utama. Hal ini merupakan kunci utama pengembangan objek wisata di Kabupaten Jember termasuk Pantai. Desa Sumberejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember yang memiliki potensi wisata pantai. Desa Sumberejo memiliki dua objek wisata pantai yaitu Pantai Watu Ulo dan Pantai Payangan. Diperlukan penilaian potensi objek wisata pantai di Desa Sumberejo untuk mendapatkan kepastian kelayakan potensi sebagai dasar utama dalam pengembangan objek wisata.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui nilai potensi objek wisata pantai di Desa Sumberejo dan untuk mengetahui alternatif pengembangan yang sesuai. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian berupa kondisi potensi objek wisata dan pengunjung. Kondisi potensi objek wisata terdiri dari beberapa unsur, meliputi daya tarik, aksesbilitas, akomodasi, sarana prasarana penunjang, dan ketersediaan air bersih. Kondisi pengunjung berkaitan dengan karakteristik pengunjung, motif, aktivitas dan persepsi pengunjung. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan pemberian skor dan pengklasifikasian tingkat kelayakan potensi objek wisata berdasarkan pedoman Analisis Daerah Operasi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ADO-ODTWA) Dirjen PHKA tahun 2003 yang telah dimodifikasi serta tabulasi tunggal.

 

Hasil analisis data menunjukkan bahwa Pantai Watu Ulo memiliki nilai potensi objek wisata yang sedang dan Pantai Payangan memiliki potensi objek wisata yang tinggi. Yakni 2110 untuk Pantai Watu Ulo dan 2225 untuk Pantai Payangan. Saran pengembangan yang sesuai berdasarkan hasil penilaian potensi objek wisata pantai di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu adalah dengan menerapkan pembinaan produk wisata.