SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR ANALITIS GEOGRAFI PADA KELAS XI IPS 3 SMAN 7 MALANG

Ari Enggar Wati

Abstrak


ABSTRAK

 

Ari, Enggarwati. 2017 Penerapan Model Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Siswa  Pada Kelas XI IPS3 SMAN 7 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Geografi, Falkutas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si. (II) Drs. Marhadi Slamet Kristiynto, M.Si

 

Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan, Berfikir Analitis

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada semester genap 2016/2017 di kelas XI IPS3 SMAN 7 Malang, diketahui kemampuan berfikir analitis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang mampu untuk mengasah kemampuan berfikir analitis siswa. Model pembelajaran yang disarankan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berfikir analitis adalah model discovery learning.Penerapan discovery learning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPS3  SMAN 7 Malang yang berjumlah 31. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari enam langkah. Data yang dianalisis adalah kemampuan berfikir analitis siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian ini terdiri dari lima soal  essai yang telah diujikan setelah diberi tindakan model discovery saat pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada peningkatan hasil kemampuan berfikir analitis siswa mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 3 SMAN 7 Malang. Rata-rata nilai kemampuan berfikir analitis siswa pada siklus I adalah 78,1 Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,9 Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran model discovery learning  dapat meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa kelas XII IPS 3 SMAN 7 Malang  semester genap tahun ajaran 2016/2017.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat dua kendala pertama dalam pelaksanan discovery Learning . kendala yang pertama adalah penggorganisasian kelompok. Kendala kedua menyajikan hasil karya. Dengan demikian perlu adanya  antisipasi dari guru untuk memaksimalkan proses pembelajaran dengan model  discovery learning.