SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA FACEBOOK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X IBB SMA NEGERI 1 GONDANGLEGI

Sri Nanik Prastyaningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastyaningsih, Sri Nanik. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning dengan Memanfaatkan Media Facebook pada Mata Pelajaran Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas X IBB SMA Negeri 1 Gondanglegi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si

 

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Facebook, Kemampuan Berfikir Kritis

Pembelajaran di kelas tidak luput dari berbagai macam permasalahan. Salah

satu permasalahan tersebut adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal

ini dibuktikan dengan siswa kurang aktif dalam bertanya, menjawab, menanggapi

maupun menyanggah pertanyaan yang bersifat analisis. Penyebab timbulnya

permasalahan tersebut dianalisis berdasarkan 4 (empat) aspek, yaitu : (1) aspek siswa;

(2) aspek guru; (3) aspek sarana dan prasarana; (4) aspek penerapan model

pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan

berpikir kritis siswa kelas X-IBB adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh

guru belum mendukung tumbuhnya kemampuan berpikir kritis siswa.

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa

kelas X-IBB dengan diterapkannya model Problem Based Learning dengan

memanfaatkan media facebook pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini

merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 (dua) siklus.

Setiap siklus melalui proses yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan

tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek yang menjadi sasaran penelitian adalah kelas

X-IBB SMA Negeri 1 Gondanglegi dengan jumlah 25 siswa. Intrumen penelitian

berupa soal essai tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data dilakukan dengan

mengukur kemampuan berpikir kritis berdasarkan ketuntasan belajar yang

dipersentasekan pada setiap siklus.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis

siswa yang diketahui rata-rata nilai hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada siklus I

rata-rata nilai adalah 72,70. Selanjutnya dilakukan tindakan siklus II, dan rata-rata

nilai adalah 83,12. Dengan demikian, selisih rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah

10,42, dan persentase peningkatan sebesar 12,5 %.

Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Penerapan

Model Problem Based Learning dengan Memanfaatkan Media Facebook dapat

meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-IBB pada mata pelajaran

Geografi. Bagi pihak sekolah disarankan agar menganjurkan kepada guru geografi

untuk menerapkan model Problem Based Learning ketika hendak mengajarkan

materi yang sama dengan penelitian ini. Bagi guru geografi disarankan agar

menerapkan model Problem Based Learning dengan memanfaatkan facebook untuk

meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Bagi peneliti lanjut disarankan agar

mencoba menggabungkan antara model Problem Based Learning dengan facebook

untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi lainnya, karena penyelidikan dalam PBL

tidak hanya untuk kemampuan berpikir kritis.