SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di MAN Kota Blitar

Dian Lisna Wati

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan memperbesar peluang pencapaian keberhasilan belajar peserta didik. Oleh sebab itu,perlu diterapkan model pembelajaran problem posingyang dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Problem posing menuntut peserta didik untuk membuat pertanyaan sendiri. Pada kegiatan pembuatan pertanyaan peserta didik akan diminta untuk menganalisis sebuah informasi yang digunakan sebagai bahan membuat pertanyaansehingga berkembang kemampuan berpikir analitisnya. Setelah itu,peserta didik juga akan menyelesaikan pertanyaan yang telah ditukar sebelumnya sehingga pengetahuan yang didapat menjadi lebih beragam. Kelebihan model pembelajaran problem posing antara lain mampu melatih kemampuan berpikir peserta didik, mampu meningkatkan kemampuan menganalisis masalah, mampu meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, mampu meningkatkan minat belajar dan mampu meningkatkan kepercayaan diri peserta didik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi di MAN Kota Blitar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), menggunakan rancangan Pretest-posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dari kelas XI IPS tahun ajaran 2016-2017 di MAN Kota Blitar. Jumlah subjek penelitian sebanyak 57 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan Independent sample t-testdengan taraf signifikasi (2-tailed) 0,05 berbantu programSPSS 20.00 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat diketahui adanyapengaruhpenggunaan model pembelajaran problem posingterhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis lebih kecil dari pada 0,05 (0,036 < 0,05).Perolehan nilai rata- rata kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol (80,43 > 76,48). Berdasarkan hal tersebut maka disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak yang artinya ada pengaruh  penggunaan model pembelajaran problem posingterhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi di MAN Kota Blitar.Saran penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagi guru dalam melaksanakan model pembelajaran problem posing hendaknya memperhatikan perencanaan waktu sehingga pembelajaran bisa lebih efektif, (2)bagi peneliti lanjut sebaiknya mengkombinasikan dengan media yang menarik sehingga peserta didik menjadi lebih antusias lagi.

 

 

Kata Kunci: model pembelajaran problem posing, kemampuan berpikir analitis