SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN MENGAJAR DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU IPS-GEOGRAFI DI KABUPATEN BONDOWOSO

REZANIAH SHOLIVIA SARI

Abstrak


ABSTRAK
Sari, Rezaniah Sholivia. 2010. Hubungan antara Pengalaman Mengajar dengan
Pelaksanaan Pembelajaran Guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten
Bondowoso. Skripsi, Jurusan Geogarfi, Program Studi Pendidikan
Geografi, FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius
Suwarna, M.Pd., (II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si.
Kata kunci: pengalaman mengajar, pelaksanaan pembelajaran
Pengalaman mengajar seorang guru sangat dibutuhkan sumbangannya
dalam menambah pengetahuan yang luas agar pelaksanaan pembelajaran menjadi
lebih menyenangkan dan aktif sesuai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu,
seorang guru harus bisa mengikuti perkembangan jaman yang senantiasa berubah-
ubah. Perkembangan jaman saat ini guru dituntut untuk profesional dengan
mengujinya dalam program sertifikasi. Namun, yang paling penting dalam
program ini guru bisa sadar akan makna, tujuan, dan proses sertifikasi, sehingga
kesadaran diri bahwa pengetahuan dan keterampilan itu lebih penting.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP
Negeri di Kabupaten Bondowoso dan bagaimana hubungan masing-masing sub
variabel pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-
Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini menggunakan
rancangan korelasional dengan populasi berjumlah 23 orang. Instrument yang
digunakan berupa angket (kuesioner), observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis Korelasi Product Momen Pearson.
Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi  pengalaman mengajar
dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten
Bondowoso adalah sebesar 0, 669 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Hasil koefisien
korelasi  masa kerja dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP
Negeri di Kabupaten Bondowoso adalah sebesar 0, 918 dan nilai Sig. (2-tailed)
0,002. Hasil koefisien korelasi  penataran dan seminar dengan pelaksanaan
pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso adalah
sebesar 0,609 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Hasil koefisien korelasi  jam
mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di
Kabupaten Bondowoso adalah sebesar 0,138 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,530, yang
ternyata lebih besar dari α = 0,05 (0,530 > 0,05) ini menunjukkan bahwa korelasi
antara jam mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran tidak signifikan.
Hubungan antara pengalaman mengajar dengan pelaksanaan pembelajaran
guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso berhubungan secara
signifikan. Hubungan antara masa kerja dengan pelaksanaan pembelajaran guru
IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso berhubungan secara
signifikan. Hubungan antara penataran dan seminar dengan pelaksanaan pembela-
jaran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso berhubungan
secara signifikan. Hubungan antara jam mengajar dengan pelaksanaan pembelaja-
ran guru IPS-Geografi SMP Negeri di Kabupaten Bondowoso tidak berhubungan
secara signifikan.