SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X IPS-2 DI SMA NEGERI 2 MALANG

inwainatul kunainah

Abstrak


ABSTRAK

 

Penggunaan model pembelajaran yang tepat dengan materi yang diberikan kepada peserta didik sangat membantu dalam proses belajar di dalam kelas. Terciptanya kegiatan pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien, sangat berpengaruh terhadap upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti dilaksanakan pada tanggal 17 September 2016 di kelas X IPS-2 SMA Negeri 2 Malang. Hasil wawancara dan observasi yaitu beberapa peserta didik Penggunaan model pembelajaran yang tepat dengan materi yang diberikan kepada peserta didik sangat membantu dalam proses belajar di dalam kelas. Terciptanya kegiatan pembelajaran yang menarik, efektif, dan efisien, sangat berpengaruh terhadap upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti dilaksanakan pada tanggal 17 September 2016 di kelas X IPS-2 SMA Negeri 2 Malang. Hasil wawancara dan observasi yaitu beberapa peserta didik mengalami kesulitan belajar dan aktifitas belajar peserta didik di dalam kelas kurang efektif dan efisien. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum berhasil. Buktinya saat kegiatan proses pembelajaran berlangsung ditemukan peserta didik yang masih mengalami kebingungan dalam memahami materi dan tugas yang diberikan. Hasil belajar peserta didik rendah di kelas tersebut disebabkan adanya dua faktor yaitu internal dan eksternal.

Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas X IPS-2. Sub bab materi yang dipelajari di kelas tersebut saat penelitian yaitu tentang siklus hidrologi, persebaran dan pemanfaatan biota laut, serta pencemaran dan upaya konservasi perairan laut. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan mulai dari tanggal 18 Maret sampai 8 April 2017. Penelitian ini terdiri dari empat tahap dianataranya perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus diadakan dua kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X IPS-2 yang berjumlah 33 peserta didik Semester Genap Tahun ajaran 2016/2017. Kelas X IPS-2 di SMA Negeri 2 Malang sudah menggunakan Kurikulum 2013 (K13) dan silabus hasil revisi Tahun 2016. Pengumpulan data hasil belajar geografi peserta didik diperoleh dari hasil tes yang diadakan setiap akhir siklus. Selanjutnya membandingkan antara hasil belajar siklus I dan siklus II.

  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran geografi materi hidrosfer. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu hasil belajar pra siklus pada nilai rata-rata sebesar 65,8%, siklus I pada nilai rata-rata sebesar 66,75% dan siklus II pada nilai rata-rata sebesar 82,1%. Peningkatan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan terjadi pada siklus II. Temuan yang diperoleh diantaranya dari siklus I yaitu hasil belajar peserta didik belum secara menyeluruh mengalami peningkatan dan siklus II hasil belajar peserta didik sudah bisa mengalami peningkatan.

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yang diterapkan di kelas X IPS-2 SMA Negeri 2 Malang mampu meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik pada sub bab materi hidrosfer. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat diketahui dari hasil analisis data yang dilakukan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan secara signifikan dari siklus I dan siklus II.