SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN KOMIK MODEL SCOTT MCCLOUD TOPIK MIGRASI PENDUDUK UNTUK SISWA SMA

fidyah yuniarti handayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Model pembelajaran berbasis kasus (case Based learning)/CBL merupakan pembelajaran dengan menggunakan kasus secara kontekstual. Keuntungan dari CBL adalah dapat menstimulus peserta didik untuk menanyakan hal-hal mengenai sebuah kasus, mampu mengaplikasikan teori atau pengetahuan, meningkatkan kemampuan berpikir, bertindak, serta bersosialisasi.Model pembelajaran tersebutberpengaruh terhadap berbagai aspek. Aspek-aspek tersebut adalah belajar secara mendalam, mencapai tingkat kemampuan tinggi, meningkatkan pemahaman siswa, serta meningkatkan pembelajaran yang aktif dalam penerapannya.Namun, model CBL belum diterapkan pada mata pelajaran Geografi di SMAN 1 Giri Banyuwangi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Case Based Learningterhadap berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini juga merupakan penelitian jenis eksperimen semu (quasy eksperimen design) dengan menekankan pada Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 di SMAN 1 Giri Banyuwangi. Data dikumpulkan dengan melakukan dua tes yaitu pretest dan postest. Analisis data penelitian menggunakan Mann Whitney. Hal ini berguna untuk melakukan uji hipotesis dengan SPSS 16.0for windows.

Berdasarkan uji hipotesis terhadap data gainscore,penelitian memperoleh nilai signifikasi sebesar0,014. Hal tersebut menyimpulkan bahwa model pembelajaran CBL berpengaruh terhadap berpikir tingkat tinggi dari siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Giri.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 11,76 sedangkan kelas kontrol sebesar 6,25.

 

Berdasarkan temuan penelitian, model pembelajaran tersebut memberikan saran bagi guru dan peneliti selanjutnya.Pertama, saran bagi guru bahwa pembelajaran model CBL dilakukan hanya pada materi yang berhubungan dengan praktek atau pembelajaran di luar kelas. Kegiatan diluar kelas atau mencari data di luar harus memperhatikan waktu agar pelaksanaannya lancar. Pembelajaran CBL berguna untuk mengetahui kognitif siswa pada berpikir tingkat tinggi. Kedua, saran untuk peneliti selanjutnya, penelitidapat melanjutkan penelitian dengan mencoba model pembelajaran Case Based Learning terhadap berpikir tingkat tinggi  pada materi lainnya.