SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMAN 1 SUTOJAYAN BLITAR

Gregoria Englin Paskayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran saat ini berpusat pada kegiatan peserta didik.  Peserta didik dituntut untuk mampu menyelidiki dan menarik kesimpulan berdasarkan temuan yang diperoleh.  Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya  penerapan model pembelajaran discovery. Model pembelajaran discovery menuntut peserta didik untuk terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain peserta didik dituntut aktif dalam pembelajaran, model discovery juga mengarah pada kemampuan berfikir tingkat tinggi, salah satunya adalah berfikir kreatif. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berfikir kreatif geografi peserta didik kelas XI IPS di SMAN 1 Sutojayan Blitar.

Penelitian ini dirancang menggunakan eksperimen semu dengan posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai kemampuan berfikir kreatif. Instrumen penelitian ini terdiri dari 4 soal essai yang telah diuji sebelumnya menggunakan validitas. Analisis data yang digunakan adalah Independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Hasil Penelitian menujukkan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0.44