SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Geografi – National Geographic Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pare Kabupaten Kediri

gebrielsa kundayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat memberikan peluang keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu model pembelajaranyang dapat dipilih guru untuk menumbuhkan keterampilan geografi adalah group investigation. Model pembelajaran group investigation mendorong peserta didik untuk belajar lebih aktif dan lebih bermakna. Artinya, peserta didik dituntut selalu berfikir tentang suatu persoalan dan mencari sendiri cara penyelesaiannya. Dengan demikian peserta didik akan lebih terlatih untuk selalu menggunakan keterampilan pengetahuannya, sehingga pengetahuan dan pengalaman belajar mereka akan tertanam untuk jangka waktu yang cukup lama.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Pare. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasy experiment), dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan soal essai dengan jumlah empat butir soal yang sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas pada tingkatan kelas diatasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan independent sample t-test.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran group investigation terhadap keterampilan geografi peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Pare. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 15,87 untuk kelas eksperimen dan 7,46 untuk kelas kontrol. Pada hasil uji hipotesis nilai sig. (2-tailed) yang diperoleh adalah 0.000 atau dengan kata lain nilai sig. (2-tailed)