SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI CANDIPURO KABUPATEN LUMAJANG

NUNGKI JULIATIN

Abstrak


ABSTRAK

Juliatin, Nungki. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri Candipuro Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si., (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Kritis

            Model Project Based Learning merupakan pembelajaran yang menggunakan proyek/tugas sebagai medianya. Model ini siswa bukan dituntut untuk hanya mengerjakan sebuah proyek/tugas tetapi lebih mendalam, tugas ini diselesaikan karena ada sebuah permasalahan di dalamnya. Permasalahan diberikan kepada siswa dan selanjutnya siswa akan menuangkan jawaban/solusi dari permasalahan yang mereka dapat ke dalam tugas/proyek sehingga hasil akhirnya nanti berupa proyek yang berisi solusi dari permasalahan yang dihadapi siswa. Hal tersebut menuntut siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran karena pada model pembelajaran ini meskipun dikerjakan secara kelompok nantinya di dalam kelompok tersebut setiap individu akan mendapatkan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu penggunaan model Project Based Learning dalam kegiatan pembelajaran secara tidak langsung dapat mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran Geografi. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan Pre test post test control group design dimana pada penelitian ini melibatkan dua kelas, satu sebagai kelompok eksperimen dan satunya lagi sebagai kelompok kontrol. Subjek penelitian berjumlah 61 siswa, yang dibagi ke dalam kelas eksperimen  sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 31 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning (PjBL), sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah, diskusi dan tanya jawab). Data penelitian ini diuji menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 20.0 for Windows independent sample t-test.

Hasil yang diperoleh adalah Sig. (2-tailed) < 0,05 yakni 0,002 dan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol yang berarti H0 ditolak dan menerima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI-IS SMA Negeri Candipuro.

 

 

 

ABSTRACT

Juliatin, Nungki. 2017. The influence of Model Learning Project Based Learning Towards critical thinking ability of students of Class XI IIS SMA Negeri Candipuro Lumajang Regency. Thesis, Department Of Geography Of The FIS, State University Of Malang. Supervisor: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si., (II) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si.

Keyword: Project Based Learning, Critical Thinking Ability

 

Model of Project Based Learning is learning that uses project/task as the medium. This model not only prosecuted for students working on a project/task but more profound, this task is solved because there is a problem in it. Problems given to students and students will pour an answer/solution of the problems that they can into the task/project so that the end result later in the form of the project that contains the solution of the problems faced by students. It is so demanding the students to play an active role in the learning process, because on this learning model although it is done in a group later in the group each individual will gain his task respectively. Therefore the use of Project Based Learning in learning activities indirectly can hone the abilities of students in critical thinking.

This research was conducted to find out the influence model of Project Based Learning towards critical thinking ability of students of Class XI IIS on the subjects of geography. The method of this research is a research experiment of quasi (Quasi Experimental) using the Pre test post test control group design in which on this research involves two classes, one as a group of experiments and the other as a control group. The subject of the study amounted to 61 students, divided into the experimental class of 30 students and classroom control as much as 31 students. Classroom experiments given treatment using a model of Project Based Learning, whereas conventional learning control using classes (lectures and discussion). Research data was tested using t-test with the help of the program SPSS 7.0 for Windows independent sample t-test.

The results obtained are the Sig (2-tailed) 0.05 0.002 means namely < H0 is rejected and accepting H1, with the difference in gain score between the experimental and the control class is 12.63. Thus, it can be concluded that there is a learning model of influence of Project Based Learning towards critical thinking ability of students in the subjects of geography class XI-IS SMA Negeri Candipuro.