SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Outdoor Study terhadap Penerapan Konsep Geografi Kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School

chosyya lailiyatul mufattakha

Abstrak


ABSTRAK

 

Problem Based Learning berbasis outdoor study dan Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penerapan konsep geografi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis outdoor study dan Project Based Learning(PjBL) terhadap kemampuan penerapan konsep geografi peserta didik kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui mana yang lebih tinggi nilai kemampuan penerapan konsep geografi peserta didik kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School.

Rancangan penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yaitu posttest control group a designdengan dua kelas eksperimen. Kelas eksperimen 1 (X-IPS 6) mendapat perlakukan model Problem Based Learning berbasis outdoor study, dan kelas eksperimen 2 (X-IPS 5) mendapat perlakukan model pembelajaran Project Based Learning. Instrumen penelitian berupa soal essai tes kemampuan penerapan konsep geografi yang diberikan setelah pemberian perlakukan model pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eskperimen 1 memiliki rata-rata kemampuan penerapan konsep geografi sebesar 84,48 dan kelas eksperimen 2 sebesar 81,84. Hasil analisis signifikansi dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai sebesar 0,008. Jadi nilai signifikansi 0,008 < 0,025, maka H0ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan penerapan konsep geografi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis outdoor study dan Project Based Learningdan nilai kemampuan penerapan konsep menggunakan model Problem Based Learning berbasis outdoor studylebih tinggi dibandingkan Project Based Learningterhadap penerapan konsep geografi kelas X IPS SMA Brawijaya Smart School.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)berbasis outdoor study dan Project Based Learning(PjBL) untuk mengukur kemampuan penerapan konsep geografi.

 

Bagi pihak sekolah diharapkan dapat mElengkapi fasilitas seperti Thermometer dan Hygrometer. Bagi guru disarakan untuk lebih disiplin dalam mengestimasi waktu. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan model PBL berbasis outdoor study dan PjBL.