SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Turen Malang

Nurus Sofa

Abstrak


ABSTRAK

 

Sofa,   Nurus. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament  (TGT) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Turen Malang. Skripsi, Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S. Pd, M. Pd Pembimbing (2) Drs. Marhadi Slamet Kistiyanto, M. Si.

 

Kata Kunci:  model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), minat, hasil belajar

Berdasarkan hasil observasi di kelas X IIS 3 pada tanggal 8 Oktober 2016 yang mempunyai beberapa masalah yaitu terdapat siswa yang tidak memperhatikan pelajaran, pada saat pelajaran siswa mengantuk dan mengobrol dengan temannya sehingga suasana kelas kurang kondusif. Selain rendahnya minat siswa terhadap pelajaran geografi mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dengan hasil ulangan harian siswa yang tergolong sangat rendah. Dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian pada kelas X IIS 3 sebanyak 32 siswa 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan lembar observer, soal tes, angket minat dan dokumentasi. Untuk pengumpulan data pada saat penelitian menggunakan observasi, angket minat, soal tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Instrumen tindakan di isi oleh observer yang berupa catatan lapangan dan lembar observasi atau keterlaksanaan tindakan. Sedangkan untuk mengukur minat siswa menggunakan angket minat dan untuk mengukur hasil belajar menggunakan tes di akhir siklus.

 

Hasil penelitian yang telah diperoleh rata-rata minat belajar siswa sebelum tindakan sebesar 65,64. Setelah tindakan siklus I yaitu 72,35 kemudian pada siklus II menjadi 76,69. Untuk hasil belajar sebelum tindakan sebesar 60,59. Pada siklus I sebesar 72,65 dan pada siklus II sebesar  80,12.  Kesimpulan yang dapat diambil dari data tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang.