SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CIRC UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 BALAREJO KABUPATEN MADIUN PADA KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI PERMASALAHAN KEPENDUDUKAN DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

Wiwik Fitri Sholikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sholikhah, Wiwik Fitri. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo Kabupaten Madiun pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Permasalahan Kependudukan dan Upaya Penanggulangannya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Achmad Amirudin, M.Pd, dan (II) Drs. Yusuf Suharto.

.

Kata kunci: CIRC, aktivitas belajar dan hasil belajar.

 

Berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2009 di kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo, diperoleh informasi bahwa guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif yang mampu membuat siswa aktif belajar. Guru cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan penugasan sehingga aktivitas siswa juga masih rendah. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini salah satunya terlihat dari ketuntasan siswa yang hanya 50% dinyatakan tuntas ketika mengikuti tes hasil belajar pada KD mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 SMP Negeri 2 Balerejo yang berjumlah 34 siswa yang terdiri atas 20 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari penerapan pembelajaran kooperatif model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIID. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas siswa ketika kerja kelompok pada siklus I dengan rata-rata 63,07% dan meningkat menjadi 87,91% pada siklus II; persentase aktivitas siswa ketika presentasi siklus I sebesar 55,15% dan meningkat menjadi 72,06% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 59,56 meningkat menjadi 68,35 pada siklus I dan 76,29 pada siklus II. Selain itu, ketuntasan klasikal siswa juga meningkat, mulai dari 50% pada pratindakan meningkat menjadi 67,65% pada siklus I dan 88,24% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Balerejo.

Guru matapelajaran IPS Geografi disarankan menerapkan model CIRC sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Adapun peneliti lain diharapkan melakukan penelitian lanjutan yang sejenis untuk KD dan sekolah yang berbeda.