SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Inventarisasi dan Pemetaan Objek Wisata Berbasis Web GIS untuk Penyusunan Sistem Informasi Pariwisata di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang

Mohammad Rizal Fahruddin

Abstrak


ABSTRAK

 

Fahruddin, Mohammad Rizal. 2017. Inventarisasi dan Pemetaan Objek Wisata Berbasis Web GIS untuk Penyusunan Sistem Informasi Pariwisata di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang.Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu, M.Si, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Data, Promosiwisata, Web GIS,danSistemInformasiPariwisata.

 

Masalahbelumberkembangnya objek wisata di Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang antara lain. (1) Data yang dikeluarkan oleh instansi-instansi yang terkait dengan wisata Kecamatan Gedangan berbeda-beda. (2) Pemerintah Kabupaten Malang dan Kecamatan Gedangan pada khususnya telah melakukan promosi melalui media masa seperti surat kabar dan pamflet. Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1) Menginventarisasi dan memetakan objek wisata yang ada di Kecamatan Gedangan.(2) Menyusun sistem informasi pariwisata berbasis Web GIS mengenai objek wisata yang ada di Kecamatan Gedangan.(3) Mengkaji keefektifan sistem informasi pariwisata berbasis Web GIS di Kecamatan Gedangan.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, didalamnya menggunakan survei yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei meliputi observasi lapangan serta dokumentasi. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Model pengembangan system yang digunakan adalah model Air Terjun (Waterfall model) yang dikemukakan oleh Roger S. Pressman.Produkdilakukanujivalidasiolehahli, kemudian setelah itu produk dilakukan uji coba produk oleh pengguna, hasilnyakemudiandianalisisuntukmengetahuikeefektifanproduk.

Hasil inventarisasi dan penelitian diketahui bahwa prioritas pengembangan wisata di Kecamatan Gedangan lebih mengarah kepada objek wisata pantai.Hasil perhitungan skor validasi dari kedua validator yakni sebesar 90,4% untuk ahli materi, dan 92,8% untuk ahli media. Berdasarkan kriteria kelayakan keduanya masuk pada kategori sangat layak (tidak perlu revisi), tetapi masing-masing validator menambahkan saran untuk perbaikan sistem.Hasil dari perhitungan uji validitas menunjukkan bahwa tingkat kevalidannya mencapai 100%. Hasil perhitungan jawaban responden dengan jumlah 47 orang semuanya diketahui bahwa r hitung ≥r tabel, Sehingga hasilnyadari ke-20 item soal dapat dinyatakan valid semua. Uji reliabilitas  menunjukkan bahwa nilai valid dari 47 responden yaitu mencapai 100%, sedangkan hasil perhitungan uji reliabilitas yaitu sebesar 0,782.

Saran yang diajukanberdasarkanpenelitianiniadalah: (1)Proses inventarisasi harus melibatkan pihak-pihak terkait untuk standarisasi data yang di dapat. (2) Penyusunan sistem informasi yang berkaitan dengan Web GIS harus menggunakan data-data juga terbaru, dan sesuai dengan lokasi penelitian.(3) Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya lebih mengembangkan Web GIS untuk pariwisata, terutama untuk daerah-daerah yang belum terjangkau oleh instansi terkait. Jika dikembangkan lebih lanjut maka akan dapat membantu kegiatan promosi wisata daerah tersebut.