SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SEMESTER I SISWA SMP ISLAM SALAFIYAH KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG

yeni fatmawati

Abstrak


ABSTRAK
Fatmawati, Yeni. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Semester I Siswa SMP Islam Salafiyah Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Timotius Suwarna, M.Pd, (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si.
Kata kunci: motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, hasil belajar geografi
Dalam kegiatan pembelajaran, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri dan luar diri siswa yang menimbulkan kegiatan pembelajaran dan memberikan arah kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Motivasi belajar geografi siswa di SMP Islam Salafiyah sangat rendah untuk mengikuti proses pembelajaran. Karena motivasi dari orang tua siswa kurang, fasilitas belajar siswa yang tidak lengkap, kondisi lingkungan SMP Islam Salafiyah yang kurang mendukung motivasi belajar siswa, serta media pembelajaran yang tidak lengkap yang ada di SMP Islam Salafiyah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar geografi terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi semester I siswa SMP Islam Salafiyah Kecamatan Singosari. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP Islam Salafiyah Kecamatan Singosari yang terdiri dari 89 siswa, karena subjeknya kurang dari 100 maka penelitiannya merupakan penelitian sensus. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan tekhnik analisis regresi berganda. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini diketahui: (1) Tidak ada pengaruh signifikan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa SMP Islam Salafiyah hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis regresi yang memiliki nilai signifikansi (0,453) > α (0,05). Sumbangan efektif motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar adalah 1,65 %. (2) Ada pengaruh signifikan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa SMP Islam Salafiyah hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis regresi yang memiliki nilai signifikansi (0,000) < α (0,05). Sumbangan efektif motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar adalah 25,04 %. (3). Ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar siswa SMP Islam Salafiyah Kecamatan Singosari, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis regresi yang memiliki nilai signifikansi (0,000) < α (0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar ekstrinsik mempunyai pengaruh yang lebih besar terhadap variabel hasil belajar, karena mempunyai sumbangan efektif terbesar yaitu 25,04 %, karena melihat kondisi wilayah SMP Islam Salafiyah yang kurang memberikan motivasi terhadap siswa untuk belajar. Serta kondisi orang tua siswa SMP Islam Salafiyah yang juga kurang dalam memberikan motivasi terhadap anaknya untuk mencapai keberhasilannya dalam belajar sehingga motivasi belajar siswa menjadi rendah dan juga hasil belajar siswa yang di capai rendah.