SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Media Microsoft PowerPoint terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VIII pada Topik Bahasan Kondisi Fisik Wilayah dan Penduduk di SMP Negeri 2 Malang

Johandayani Johandayani

Abstrak


ABSTRAK
Johandayani. 2009. Pengaruh Media Microsoft PowerPoint terhadap Hasil Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VIII pada Topik Bahasan Kondisi
Fisik Wilayah dan Penduduk di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan
Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Edy
Purwanto, M.Pd, (II) Drs. Yusuf Suharto.
Kata kunci: Media Microsoft PowerPoint, hasil belajar.
Memajukan kemampuan anak didik tidaklah mudah, karena sifat pembelajaran
yang semakin kompleks. Guru, siswa, kurikulum, sarana dan prasarana yang termasuk di
dalam proses pembelajaran saling berhubungan.Guru mempunyai tugas memilih metode
dan media pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa serta materi yang
disampaikan demi tercapainya tujuan pendidikan khususnya belajar geografi. Alat atau
media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk
peningkatan kemampuan anak didik dalam proses belajar mengajar. Salah satu media
pembelajaran yang banyak digunakan adalah OHP (Over head Projektor), namun dalam
pelaksanaannya peggunaan OHP (Over head Projektor) tidak praktis. Berbeda dengan
media pembelajaran Microsoft PowerPoint yang sangat mudah dioperasikan melalui
bantuan komputer dan proyektor LCD, seorang pendidik dapat menyampaikan materi
dengan mudah dan lebih hemat karena kertas transparansi tidak diperlukan lagi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk
membuktikan pengaruh media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Malang pada mata pelajaran Geografi. Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 yang
secara akademis memiliki kemampuan rata-rata tiap kelas adalah sama sehingga
dianggap homogen. Penelitian ini mengambil dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu
kelas kontrol.Kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapat perlakuan pembelajaran yang
sama dari segi tujuan, isi, bahan pembelajaran dan waktu belajar, perbedaan hanya
terletak pada pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint. Data dikumpulkan dengan cara
pemberian tes kemampuan awal (prates) dan tes kemampuan akhir (pascates). Analisis
data dilakukan dengan uji Paired Sample Test dengan bantuan SPSS 14.0 for Windows.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar IPS Geografi siswa yang
menggunakan media Microsoft PowerPoint lebih baik daripada siswa yang tidak
menggunakan media Microsoft PowerPoint. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa
penggunaan media Microsoft PowerPoint berpengaruh pada hasil belajar IPS
Geografi.
Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan media
Microsoft PowerPoint sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan media Microsoft PowerPoint
dan mengkombinasikan dengan media pembelajaran yang lebih variatif sehingga tampak
pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa dan memperoleh manfaat yang lebih
besar dari penggunaan media Microsoft PowerPoint.