SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS MA AL-MAWADDAH 2 BLITAR

Willa Datus Tsanaiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Tsanaiyah, Willa Datus.2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS MA Al-Mawaddah 2 Blitar. Skripsi, Program Study Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (II) Drs. Hendri Purwito, M.Si.

 

Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Lesson Study, Kemampuan Berpikir Kritis

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode ceramah, sehingga kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kurang melibatkan aktivitas siswa. Aktifitas siswa yang cenderung pasif saat pembelajaran berlangsung, menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa kurang terasah dan hasilnya menjadi kurang maksimal.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelalajaran Learning Cycle 5E berbasis Lesson Study pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS MA Al-Mawaddah 2 Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan berbasis Lesson Study yang meliputi plan, do, dan see. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS MA Al-Mawaddah 2 Blitar yang berjumlah 13 siswa.  Instrumen penelitian yg digunakan adalah RPP, lembar monitoring tahap plan, do, see, lembar observasi, dan lembar tes. Teknik analisis data berupa pengukuran kemampuan berpikir kritis berdasarkan ketuntasan belajar yang dipersentasekan dan pengukuran peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap siklus.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang diketahui dari hasil tes kemampuan berpikir kritis. Pada pra tindakan memperoleh nilai rata-rata 48,08 dan setelah dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan sebesar 22,79% menjadi 59,04. Selanjutnya dilakukan tindakan siklus 2 yang mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 36,74% menjadi 80,73.Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat diperoleh kesimpualan bahwa penerapan model pembelalajaran Learning Cycle 5E Berbasis Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS MA Al-Mawaddah 2 Blitar.