SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Pembelajaran CD Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumberdaya Alam (SDA) Kelas XI (IPS 1) SMAN 1 Puncu

Dyan Permana Putra

Abstrak


ABSTRAK

 

Latar belakang penelitian ini yaitu masih rendahnya nilai pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran geografi materi sumberdaya alam dan minimnya penggunaan variasi, model dan media pembelajaran pada kegiatan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Geografi materi sumberdaya alam (SDA) kelas XI (IPS 1) SMAN 1 Puncu melalui penggunaan media pembelajaran CD Interaktif.Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus dan setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Puncu yang terdiri dari 39 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes (soal esai) dan lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran CD interaktif dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Geografi materi sumberdaya alam (SDA) kelas XI (IPS 1) SMAN 1 Puncu. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa meningkat dari siklus I sampai siklus III.  Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa setelah dilakukan tindakan siklus I adalah 76,13, setelah dilakukan tindakan siklus II adalah 80,59 sedangkan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa setelah dilakukan tindakan siklus III adalah 82,72. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada setiap siklus maka dapat diartikan bahwa setiap siklus terjadi peningkatan.

 

Untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran CD interaktif agar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Geografi, disarankan:1) sebelum kegiatan pembelajaran dimulai menggunakan media pembelajaran CD interaktif, siswa harus diberikan pemberitahuan tentang cara menggunakan media pembelajaran CD interaktif dengan jelas, sehingga memudahkan siswa ketika menggunakan media tersebut, 2) penyampaian pengantar materi untuk siswa harus jelas dan detail (walaupun tidak menyeluruh), sehingga siswa mengetahui materi yang akan dipelajari, 3) pengaturan waktu (setiap kegiatan pembelajaran: kegiatan awal, inti dan akhir) harus jelas, sehingga siswa tepat waktu dalam kegiatan pembelajaran dan melakukan kegiatan dengan sungguh-sungguh, 4) pembagian kelompok dan juga pengaturan tempat duduk harus diperhatikan dengan baik (jika ada kerja kelompok), supaya kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana pembelajaran, 5) pendampingan untuk siswa ketika mempelajari materi menggunakan media pembelajaran CD interaktif harus dilakukan dengan baik dan teliti, untuk mengantisipasi siswa yang bertanya dan memberikan teguran ketika terdapat siswa yang tidak memperhatikan kegiatan pembelajaran dengan baik.