SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMA LABORATORIUM UM

Chintya Mardiana

Abstrak


ABSTRAK

 

ABSTRAK Mardiana, Chintya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Student Teams

Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi

Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM, Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Ach. Amirudin, M.Pd, (II) Purwanto, S.Pd, M.Si

Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Berdasarkan hasil wawancara dan observasi berlangsung pada tanggal 7 Desember 2016 yang dilakukan di SMA Laboratorium UM pada kelas XI IPS 1, dapat diketahui bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi pada mata pelajaran geografi. Terdapat perbedaan antar peserta didik yang pasif dengan yang aktif sehingga ketuntasan klasikal masih rendah. Selain itu, terdapat banyak karakter peserta didik yang apatis dan tidak mau berbagi sehingga sulit bekerjasama antar peserta didik, terdapat kesenjangan pada nilai hasil belajar, dan jadwal mata pelajaran geografi di jam terakhir. Hal ini mengakibatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS 1 belum maksimal. Merujuk dari berbagai permasalahan yang dimiliki kelas tersebut maka pada penelitian ini dipilih model pembelajaran Student Teams

Achievement Division (STAD). Dengan kelebihan model ini diantaranya meningkatkan kecakapan individu dan kelompok, membantu peserta didik saling bekerjasama, terdapat penghargaan kelompok namun juga memiliki kekurangan yaitu pemborosan waktu, guru kesulitan membagi kelompok heterogen. Tujuan penelitian ini adalah melihat penerapan model pembelajaran Student

Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2017. Kegiatan penelitian terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dengan 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanaan di kelas XI IPS 1 SMA Laboratorium UM dengan jumlah siswa 31 orang, pada materi Budaya Nasional dan Interaksi Global. Prosedur pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar untuk mengetahui data hasil belajar peserta didik dengan analisis menghitung rata-rata formatif, dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus rata-rata hasil belajar peserta didik 71,87, dengan ketuntasan klasikal sebesar 58,06. Pada siklus I rata-rata hasil belajar 72,09, dengan ketuntasan klasikal 64,50. Siklus II rata-rata hasil belajar 80,16, dengan ketuntasan klasikal 100. Berdasakan temuan-temuan yang ada maka diajukan saran sebagai berikut. 1. Sebaiknya guru selalu mengingatkan peserta didik akan pentingnya kerjasama dalam

menyelesaikan tugas secara berkelompok. 2. Sebaiknya guru memberikan perhatian pada

peserta didik yang gaduh di kelas agar ketika diajukan pertanyaan mereka tetap bisa

menjawab dengan benar.