SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Kesulitan Guru Geografi SMA di Kota Batu dalam Merencanakan, Menerapkan, dan Mengevaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi.

Andini Arum Dani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kesulitan yang dialami guru geografi SMA di Kota Batu dalam perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran yaitu menganalisis silabus untuk membuat RPP, penerapan saintific

approach, dan membuat penilaian sikap kepada peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena pergantian kurikulum secara mendadak sehingga menyebabkan kurang adanya pemahaman guru dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan penelitian mengenai identifikasi kesulitan guru geografi SMA di Kota Batu dalam merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi.

 Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui kesulitan guru geografi dalam merencanaan, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran. Faktor penyebab, guru mengalami kesulitan dalam merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran, serta upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi.

 Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan persentase menggunakan rumus dan tabulasi. Variabel dalam penelitian ini adalah kesulitan guru geografi dalam perencanaan, penerapan dan evaluasi pembelajaran dan faktor penyebab guru mengalami kesulitan dalam perencanaan, penerapan dan evaluasi pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi baik dari guru, pemerintah dan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi di 14 sekolah dengan jumlah responden 16 orang.

Hasil penelitian merencanakan bahwa sebesar 63,64% guru cukup mengalami kesulitan. Penerapan pembelajaran 50% guru cukup mengalami kesulitan. Sedangkan kesulitan guru dalam evaluasi pembelajaran 37,5 % mengalami kesulitan. Faktor penyebab guru kesulitan dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi yaitu dari pihak pemerintah kurangnya buku pegangan untuk guru dan siswa. Pihak sekolah kurang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, sedangkan faktor penyebab dari siswa yaitu karakteristik siswa yang beragam, yang mengakibatkan guru kesulitan dalam penilaian sikap yang berbentuk predikat atau deskripsi sehingga dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi kurang optimal.

 

Saran untuk mengatasi kesulitan yang dialami guru geografi dalam perencanaan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran yaitu Peran aktif guru geografi perlu ditingkatkan dalam menghadiri kegiatan MGMP, Lesson Study atau workshop. Hal ini untuk membahas cara mengajar terkait kurikulum 2013 edisi revisi sehingga pembentukan kompetensi dan karakter siswa dapat tercapai.