SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 1 TUREN

YULI . SUSANTHI

Abstrak


ABSTRAK

 

 

ABSTRAK:Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa 80% peserta didik kelas XI IIS 3 mempunyai kemampuan berpikir analitis relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen dengan menerapkan model Problem Based Learning berbasis lesson study. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas berbasis lesson study yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Turen yang berjumlah 29. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan berpikir analitis. Teknik analisis data menggunakan dekriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir analitis. Rata-rata nilai kemampuan berpikir analitis pada siklus I sebesar 77,6 siklus II sebesar 86,5 dan siklus III 87,9. Peningkatan pada setiap siklus sebesar 8,9 (11,47%) dari siklus I ke siklus II dan 1,4 (1,6%) dari siklus II ke siklus III. Keseluruhan akumulasi peningkatan kemampuan berpikir analitis dari siklus I ke siklus III sebesar 10,3 atau 13,07%. Keterlaksanaan lesson study menunjukkan kriteria sangat terlaksana dengan persentase keterlaksanaan tahap plan 97 %, tahap do sebesar 86 % dan tahap see sebesar 80 %.