SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI SMAN 1 DARUSSHOLAH SINGOJURUH KABUPATEN BANYUWANGI

Bunga Dwi Immaniar

Abstrak


ABSTRAK

 

Immaniar, Bunga Dwi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI SMAN 1 Darussholah Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd, (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kreatif.

 Pembelajaran yang terancang dengan baik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kreatif ialah Problem Based Learning (PBL). Penerapan model pembelajaran ini di dalam kelas memiliki kelebihan, yaitu: adanya suatu permasalahan yang harus dipecahkan, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan belajar secara individu maupun kelompok.

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian termasuk Quasi Experiment with Post test Control Group Design. Subjek penelitian menggunakan siswa kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dansiswa kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Darussholah Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes dengan menggunakan lima soal essai yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan Independent sample t-testdengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,029