SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Tani Memilih KontrasepsiTubektomidan Non Kontrasepsi Tubektomi Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Tahun 2016

safrudin firman alrosyid

Abstrak


ABSTRAK

 

Tubektomi adalah setiap tindakan yang dilakukan pada kedua saluran telur wanita yang mengakibatkan orang yang bersangkutan tidak akan mendapat keturunan lagi. Kontrasepsi ini hanya digunakan untuk jangka panjang, walaupun kadang-kadang masih dapat dipulihkan kembali seperti semula. Tindakan tubektomi dilakukan terutama untuk mencegah kepadatan penduduk di Kecamatan Kraksaan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expose facto. Jenis penelitian yang digunakan yaitu korelasional untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan mengunakan metode survey dalam pengumpulan data. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 98 responden di Kecamatan Kraksaan dengan masing masing 49 akseptor dan 49 non akseptor. Analisis data yang digunakan yaitu tabulasi tunggal, tabulasi silang serta uji chi square.

 

Hasil analisis tabulasi dan hasil uji chi square menunjukkan bahwa secara serentak semua variabel dependen berpengaruh terhadap pemilihan kontrasepsi tubektomi dan non kontrasepsi tubektomi. Sedangkan pada hasil uji statistik variable pengetahuan, sikap, dukungan suami, pendapatan memiliki pengaruh dan variabel pendidikan yang hanya memiliki pengaruh kecil terhadap variabel terikat. Faktor yang paling dominan memberikan pengaruh terhadap pemilihan kontrasepsi tubektomi adalah lama dukungan suami dan sumbangan paling kecil adalah variabel pendidikan. Saran yang diajukan berdasarkan permasalah yang berkaitan dengan pemilihan kontrasepsi tubektomi di Kecamatan Kraksaan yaitu  1) diperlukan adanya penyuluhan menyenai dampak dari pemilihan kontrasepsi tubektomi terutama pada ibu, 2) perlu adanya penyuluhan pada masyarakat mengenai program KB untuk menghindari untuk memiliki anak yang banyak.