SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5E Terhadap Kemampuan Berpikir kritis Siswa dalam Mata Pelajaran Geografi kelas XI SMA LABORATORIUM UM MALANG.

Galih R. Prasetyo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo, R Galih.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning cycle 5E  Terhadap Kemampuan Berpikir kritis Siswa dalam Mata Pelajaran Geografi kelas XI SMA LABORATORIUM UM MALANG. Skripsi. Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Ardyanto Tanjung, S.Pd,M.Pd. (2) Drs. Yusuf Idris

Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis

Dalam kompetensinya geografi tidak hanya menekankan pada konsep, siswa dituntut bisa menganalisis permasalahan geosfer dan mampu mengidentifikasi masalah dan memberi solusi untuk memecahkan masalah. Berpikir kritis merupakan kemampuan kognitif berpikir tingkat tinggi yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran geografi,untuk mengeluarkan berpikir kritis diperlukan model yang dapat mejadikan siswa mampu berpikir kritis. Salah satu model yang dapat digunakan adalah  Learning cycle 5E. Sintaks Learning cycle 5E  terdiri dari lima tahapan yaitu Enggagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Learning cycle 5E  terhadap kemampuan berikir kritis siswa dalam mata pelajaran geografi kelas XI SMA Laboratorium UM Malang.

Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, yang terdiri dari dua kelas yang dijadikan penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sehingga diambil sebagai subyek penelitian adalah kelas XI-IPS-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPS-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan 5 butir soal esay. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik dengan program SPSS 16.0 for Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t (independent samples t-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh Learning cycle 5E  terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Laboratorium UM Malang. Adanya pengaruh Learning Cycle 5E dengan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dilihat berdasarkan perhitungan uji hipotesis kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan bantuan SPSS 16.00 for windows dapat diketahui bahwa sig adalah 0,012  < 0,05 sehingga H0 ditolak.

 

Model learning cycle 5E berpengaruh  terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Laboratorium UM. Berpengaruhnya model Learning cycle 5E terhadap berpikir kritis merupakan hasil dari membandingkan antara kelas yang diberikan perlakuan berupa model Learning cycle 5E  dengan kelas yang tidak diberikan perlaku, hanya mengunakan metode taya jawab, pemberian materi, dan penugasan. Dengan model Learning cycle 5E  siswa menjadikan siswa mampu berpikir kritis dan pembelajaran mudah diterima karena merupakan hasil  mengkonstruksi kemampuan belajar siswa.