SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI SMA Negeri Klakah

irwan supriyono.

Abstrak


ABSTRAK

 

Model pembelajaranpenemuanterbimbingmemilikikelebihandalammengembangkankemampuanbelajardanmemperbaikihasilbelajarsiswa. Model tersebut,terbuktiberpengaruh terhadap kemampuan penyelidikan, pemahaman dan kreativitas.Model penemuan terbimbing melibatkan siswa bebas menyelidiki, mencoba, dan menarik kesimpulan. Sedangkan guru bertindak sebagai penunjuk jalan untuk membantu siswa menemukan ide dan konsep.Siswa harus mengalami sendiri hal-hal yang dipelajarinya melalui pengalaman nyata sehingga kemampuan berpikir analitis siswa dapat terbangun.Siswa perlu dibiasakan untuk memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang berguna bagi dirinya serta menemukan konsep, prinsip dan pemecahan masalah untuk menjadi miliknya lebih daripada sekedar menerima dari seorang guru maupun sebuah buku.

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajaranpenemuanterbimbingterhadapkemampuanberpikiranalitissiswakelas XI SMA NegeriKlakah. Jenispenelitianinikuasieksperimendenganrancanganpretest-posttest control group design.Subjekpenelitianadalahkelas XI IPS 2 sebagaikelaseksperimendankelas XI IPS 3 sebagaikelaskontrol. Data penelitianiniadalahskornilaikemampuanberpikiranalitis. Instrumenpenelitianmenggunakan 3 soalessai yang telahdiujisebelumnyamenggunakanvaliditasdanreliabilitas. Analisis data yang digunakanIndependent sample t-Test denganbantuanSPSS 16.0 for windows.

Hasilpenelitianmenunjukkan,bahwanilai sig (2-tailed) adalah 0.008< 0.05 dan rata-ratanilaigain scorekelaseksperimen13,09lebihbesardarinilai rata-rata kelaskontrol6,56. Maka H0ditolakataudengan kata lain model pembelajaranpenemuanterbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswakelas XI SMANegeriKlakah.

 

Berdasarkantemuanpenelitiandiajukandua saran. Pertama, jikaguru menggunakan model pembelajaranpenemuanterbimbingharus merencanakan alokasi waktu dengan baik dan lebih detail saat menjelaskan setiap tahapanserta memperhatikan kesesuaian materi dengan model pembelajaran.Kedua, untukpenelitilanjutandisarankanmenggunakan model pembelajaranpenemuanterbimbingsebagaipertimbanganpemilihan model dalampenelitiansertadapatmenambahkan variable maupunmenggunakanvariabel lain seperti, berpikirspasial, kreatif, ilmiahdan lain-lain.