SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi.

Fastamik Norma Yucha

Abstrak


Hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 3 September 2016 menunjukkan bahwa hasil belajar geografi peserta didik di SMAN 1 Genteng tergolong rendah khususnya di kelas XI IPS 3. Rata-rata nilai peserta didik kelas XI IPS 3 yaitu 64, sedangkan nilai KKM yang ditetapkan oleh guru adalah 75. Peserta didik tidak ada yang mendapatkan nilai diatas KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satunya adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Geografi peserta didik pada materi Budaya Nasional dan Interaksi Global.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini terdiri dari dua siklus yang pada masing-masing siklus terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng yang terdiri dari 28 peserta didik pada materi Budaya Nasional dan Interaksi Global. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus peningkatan siklus I dan siklus II dan juga rumus ketuntasan klasikal.

 

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Geografi peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng setelah diterapkan model pembelajaran STAD. Hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukan pada rata-rata hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 74,89 (baik) meningkat 14,94% menjadi 86,08 (sangat baik) pada siklus II. Ketuntasan klasikal peserta didik pada siklus I hanya 50% (kurang). Pada siklus II ketuntasan klasikal peserta didik meningkat 35,71% menjadi 85,71% (baik).

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran, yaitu (1) Guru Geografi perlu menerapkan model pembelajaran (STAD) sebagai salah satu model alternatif dalam kegiatan pembelajaran, (2) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mendatangkan lebih dari dua observer agar kondisi kelas dapat diamati lebih baik, (3) Bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dikombinasikan dengan model pembelajaran yang lain.