SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Budaya Nasional dalam Konteks Interaksi Global.

Dewa ardita

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, seorang guru harus mampu menggunakan model-model pembelajaran yang dapat mendukung tujuan pembelajaran. Salah satu model yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ialah model problem based learning(PBL). Model problem based learning merupakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai tujuan utama pembelajarannya. Pemberian masalah dalam proses pembelajaran bertujuan agar siswa dapat lebih paham dengan materi yang diajarkan.

Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan model pra eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam 4 pertemuan yaitu 1 pertemuan digunakan untuk tes awal (Pretest) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum, 2 pertemuan digunakan untuk proses pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dan 1 pertemuan digunakan  untuk tes akhir (Posttest)

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran geografi materi budaya nasional dalam kontek interaksi global, diketahui dari rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) mengalami selisih sebesar 19,47. Perbedaan tersebut didapatkan dari hasil rata-rata nilai tes awal (pretest) sebesar 56,78 dan tes akhir (posttest) sebesar 76,25. Selain itu, melalui uji hipotesis diketahui bawa nilai signifikasi yang didapat sebesar 0,000. Angka menyebutkan bahwa nilai signifikansi < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi budaya nasional dalam konteks interaksi global.

 

Beberapa saran yang dapat diajukan antara lain: (1) problem based learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran oleh guru dalam proses pembelajaran, (2) langkah-langkah dalam model problem based learning dapat membantu siswa untuk aktif, kreatif, dan percaya diri dalam berpikir sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (3) peneliti lain yang ingin menggunakan model ini dapat mengganti variabel dengan berpikir kritis, kreatif dan lain sebagainya.