SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA CD PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH MX PADA TOPIK SEJARAH PEMBENTUKAN BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 8 MALANG

DIMAS ARDIANTO

Abstrak


ABSTRAK

Ardianto, Dimas. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Media CD Pembelajaran Macromedia Flash MX pada Topik Sejarah Pembentukan Bumi terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Soelistijo, M.Si., (II) Drs. Yusuf Suharto. 

Kata kunci: Media CD pembelajaran Macromedia Flash MX, hasil belajar.

Kondisi saat ini terkadang sulit untuk mengelola kelas dengan baik, apalagi dengan karakteristik siswa dan materi yang terus berkembang. Cara inovatif untuk mengatasi keadaan tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah media CD pembelajaran Macromedia Flash MX. Media ini digunakan karena memiliki beberapa kelebihan, seperti mampu menampilkan animasi bergerak, dilengkapi dengan audio dan gambar-gambar yang tampilannya menarik. Media ini juga dapat membuat cara berpikir siswa lebih konkrit dan nantinya dengan sendirinya akan lebih meningkatkan pemahaman materi, dari pada apabila di dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan ceramah tanpa adanya kehadiran media.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media CD pembelajaran Macromedia Flash MX pada topik sejarah pembentukan bumi terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes untuk prates dan pascates. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t tidak berpasangan yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 47,25 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 37,63 dengan nilai probabilitas (sig) pada t hitung adalah 0,001. Berdasarkan analisis data diambil kesimpulan bahwa hasil belajar geografi pada kelas yang menggunakan media CD pembelajaran Macromedia Flash MX lebih baik dari pada kelas yang tidak menggunakan media CD pembelajaran Macromedia Flash MX. Merujuknhasil analisis data maka dapat disimpulkan pemanfaatan media CD pembelajaran Macromedia Flash MX pada topik sejarah pembentukan bumi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang.

Saran yang diajukan untuk guru bidang studi Geografi adalah menjadikan media CD pembelajaran macromedia Flash MX sebagai media pembelajaran agar hasil belajar siswa lebih baik. Bagi peneliti lain disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan media CD pembelajaran macromedia Flash MX pada materi selain sejarah pembentukan bumi atau menggunakan metode dan media yang berbeda serta aspek yang diukur adalah aspek yang lainnya.