SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EVALUASI PENYEDIAAN, PENGELOLAAN DAN DAYA TAMPUNG TEMPAT PENAMPUNGAN SEMENTARA SAMPAH DI KECAMATAN LOWOKWARU, KOTA MALANG

Kukuh Putri Nur Zaman

Abstrak


Permasalahan sampah perkotaan di Indonesia merupakan salah satu masalah yang belum mampu diselesaikan. Seiring dengan pergerakan urbanisasi yang meningkat cepat karena adanya pembangunan sosial-ekonomi. Salah satu perkotaan yang memiliki permasalah dengan sampah yaitu Kota Malang, tepatnya pada Kecamatan Lowokwaru. Faktor yang menyebabkan munculnya permasalahan persampahan salahsatunya adalah jumlah penduduk yang setiap tahunnya bertambah serta aktivitas ekonomi yang semakin meningkat keragamannya. Berdasarkan faktor  tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan Evaluasi Penyediaan, Pengelolaan dan Daya tampung Tempat Penampungan Sampah Sementara Di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, survei dan dokumentasi. Sampel penelitian ditetapkan dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling karena sampel ditetapkan secara sengaja sesuai dengan kriteria yang ditetapkan peneliti, dengan menetapkan sampel sebanyak 13 TPS Se- Kecamatan Lowokwaru. Analisis data yang digunakan rumus SNI Pengelolaan Sampah di Pemukiman Tahun 2008 dan metode skoring.

Hasil dari analisis data  dengan metode Skoring yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa TPS Tlogomas dan TPS Jatimulyo dikatakan sesuai sebagai TPS karena dua TPS Tersebut memenuhi standar Penyediaan, Pengelolaan dan Daya tampung Tempat Penampungan Sampah Sementara. Saran yang diajukan berdasarkan permasalah yang berkaitan dengan Evaluasi Penyediaan, Pengelolaan dan Daya tampung Tempat Penampungan Sampah Sementara Di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yaitu 1)Pemerintah lebih memperhatikan penyediaan sarana prasarana diTPS 2)Pada proses Pengelolaan, sampahjumlahpersoniltiap TPS harus seimbang dengan alat pengangkut sampah atau gerobak. 3) Daya Tampung Sampah, Tiap Tempat Penampungan Sampah Sementara Harus memiliki container sampah dengan jumlah yang dapat memadahi sampah masuk harian.