SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS madrasah aliyah

Bastian Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

Wibowo, Bastian. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berfikir Analitis pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS Madrasah Aliyah. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr.Ach Amirudin, M.Pd (2) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si.

Kata Kunci:Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Analitis

Inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menggunakan pendekatan berbasis masalah. Setiap proses dalam pembelajaran inkuiri melatih peserta didik untuk berpikir secara aktif. Pembelajaran menggunakan inkuiri terbimbingdiharapkan dapat melatih peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir analitis dan memiliki keterampilan berpikir yang tinggi. Pembelajaran inkuiri terbimbing diharapkan dapat membantu peserta didik untuk memahami perubahan di lingkungan sekitarnya melalui tahapan pengumpulan data di luar kelas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiriter bimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi Kelas XI IPS MA Al Maarif Singosari. Rancangan penelitian ini adalah Pretest-Postest-Control Group Design yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Al Maarif Singosari kelas XI IPS 1sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir analitis peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir. Analisis data dilakukan dengan membandingkan gain score antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Nilai probabilitas kelas eskperimen adalah 0,004. Jika nilai probabilitas