SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X J.1 IPS Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri 9 Malang Semester Genap 2015/2016.

ifan ardiannoor

Abstrak


ABSTRAK

Ardiannoor, Ifan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas X J.1 IPS Mata Pelajaran Geografi SMA Negeri 9 Malang Semester Genap 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mustofa, M.Pd: (2) Drs. Yusuf Suharto, M.Pd.

Kata Kunci: snowball throwing, hasil belajar

Berdasarkan refleksi awal terhadap pembelajaran Geografi di kelas X J.1 IPS SMA Negeri 9 Malang, peneliti mengidentifikasi masalah hasil belajar siswa yang sangat rendah dikarenakan siswa yang kurang berkosentrasi dalam pembelajaran, sebagai solusinya maka peneliti menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research)yang termasuk penelitian kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Data peneilitin berupa (1) data hasil observasi sebelum pemberian tindakan, (2) data yang diperoleh dari hasil pengamatan observer mahasiswa Universitas Negeri Malang yang sudah pernah melaksanakan praktek pengalaman lapangan (PPL), dan (3) data hasil belajar yang diberikan pada setiap akhir siklus. Sumber data penelitian ini adalahsiswa kelas X J.1 IPS SMA Negeri 9 Malang yang berjumlah 32 orang.

 

Berdasarkan analisis data pada  hasil belajar siswa kelas X J.1 IPS SMA Negeri 9 Malang setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran Snowball Throwing diperoleh peningkatan hasil belajar yang terlihat dari rata-rata nilai pada pra siklus 65,78 meningkat menjadi 77,18 pada siklus I, selanjutnya pada siklus I 77,18 meningkat menjadi 85,78 pada siklus II. Selain itu persentase peningkatan hasil belajar pada pra siklus ke siklus I adalah 17,33 % dan pada siklus I ke siklus II adalah 11,14 %.