SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Peta dengan Teknik Overlay Digital Terhadap Penerapan Konsep SIG Siswa Kelas XII IIS SMAN 7 Malang

Iva Nura Yusvita

Abstrak


ABSTRAK

 

Yusvita, Iva Nura. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Peta denganTeknik Overlay Digital Terhadap Penerapan Konsep SIG Siswa Kelas XII IIS SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hadi Soekamto, SH., M.Pd, M.Si (2) Bagus Setiabudi Wiwoho, S.Si, M.Si

 

Kata kunci: Media Peta denganTeknik Overlay Digital, Penerapan Konsep SIG

 

Penerapan merupakan sebuah tindakan yang dilakukan baik secara individu maupun kelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Menerapkan konsep adalah suatu proses mental berupa penggunaan prosedur-prosedur tertentu untuk mengerjakan sebuah soal atau menyelesaikan masalah. Penerapan Konsep SIG merupakan kemampuan untuk mengeksekusi (melaksanakan) dan mengimplementasikan (menggunakan) konsep SIG berupa proses input, pemrosesan, dan output yang dapat diukur dengan menggunakan tes essai. Media peta dengan teknik overlay digital merupakan media peta yang dihasilkan melalui proses menumpang susunkan secara digital beberapa peta menggunakan computer dan menggunakan software Arc.Gis10.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media peta dengan teknik overlay digital terhadap penerapan konsep SIG siswa kelas XII IIS SMAN 7 Malang. Jenis penelitian yangdilaksanakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design with pretest-posttest Control Group Design dengan dua kelompok subjek penelitian yang memiliki kemampuan relative sama (homogen). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan menerapkan konsep SIG yaitu tesessai yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan ujit-test dengan bantuan SPSS 16.0 for windows.

Berdasarkan pengujian hipotesis melalui analisis Independent Sample T-Test hasil perhitungan uji-t diketahui bahwa nilai probabilitas (sig. 2 tailed) adalah 0,04. Kesimpulan yang diperoleh yakni nilai probabilitas (0,04)