SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Keaktifan Belajar Geografi Siswa Kelas X SMA Avisena Sidoarjo

restyaning azmie jamilah

Abstrak


Model pembelajaran Numbered Heads Together menekankan struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan tahapan persiapan, pembentukan kelompok, penomoran, pemberian soal, diskusi, siswa presentasi dan menarik kesimpulan. Penggunaan model pembelajaran ini dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran, berani untuk berpendapat, dan siswa akan lebih memahami materi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap keaktifan belajar geografi siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap keaktifan belajar geografi siswa. Dengan tujuan dan rumusan masalah tersebut, maka diambil hipotesis bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap keaktifan belajar geografi siswa.

Subjek penelitian yaitu siswa kelas X SMA Avisena Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo pada tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan instrumen penelitian nontes berupa lembar observasi menggunakan 10 deskriptor penilaian yang telah dikembangkan melalui 4 indikator keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent t-test dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows.

Hasil uji-t pada penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas adalah 0,004 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan rata-rata skor keaktifan kelas eksperimen yaitu 74,13 dan rata-rata skor kelas kontrol yaitu 68,29. Maka H1 ”model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap keaktifan belajar Geografi siswa kelas X SMA Avisena Sidoarjo” diterima. Hal tersebut karena nilai probabilitas ≤ 0,05 dan skor rata-rata kelas eksperimen > skor rata-rata kelas kontrol.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap keaktifan belajar geografi siswa kelas X SMA Avisena. Beberapa saran diberikan antara lain: 1) untuk membuat siswa aktif model pembelajaran Numbered Heads Togheter hendaknya digunakan dalam pembelajaran untuk meteri geografi tentang mengenal bumi, 2) Bagi peneliti lain, diharapkan untuk menguji pengaruh model pembelajaranNumbered Heads Togheter terhadap variabel lain serta pada lokasi, jenjang pendidikan, atau materi yang berbeda.