SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI DINAMIKA dan MASALAH KEPENDUDUKAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS MAN KOTA BATU

Dian Permanasari

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

ABSTRAK

 

Permanasari, Dian. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan(Discovery Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan Peserta Didik Kelas XI IPS MAN Kota Batu. Skripsi, Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Djoko Soelistijo, M. Si, (II) Drs. Sudarno Herlambang, M. Si.

Kata kunci: pembelajaran penemuan (discovery learning), kemampuan berpikir kritis

Peningkatan kemampuan berpikir kritis dapat dilakukan dengan meningkatkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Salah satu strategi dalam meningkatkan kemampaun berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran penemuan (discovery learning). Pembelajaran menggunakan model discovery learning terdiri dari 6 tahapan yaitu: stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Model pembelajaran discovery merupakan model pembelajaran dimana peserta didik dilatih untuk mengorganisasi sendiri cara belajar mereka, sehingga model pembelajaran ini mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS 2 MAN Kota Batu. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Subjek penelitian berjumlah 58 orang peserta didik yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes uraian untuk pretest dan posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t (2-tailed) yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi dinamika dan masalah kependudukan peserta didik kelas XI IPS MAN Kota Batu. Hasil analisis data diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model discovery learning memiliki rata-rata nilai lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan model discovery learning. Rata-rata kemampuan berpikir kritis (gain score) peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 12,7 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 9,2. Hasil uji statistik yang diterapkan dalam penelitian ini diperoleh t hitung sebesar 4,003 dengan nilai sig. ≤ α (0,05). Merujuk pada hasil analisis data dan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS MAN Kota Batu.

Berdasarkan dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut, maka dikemukakan saran untuk meningkatkan keamampuan berpikir kritis peserta diidk, guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Bagi peneliti lanjutan disarankan mengembangkan model pembelajaran discovery learning dengan  mengkombinasikan model dengan media pembelajaran yang lebih bervariasi sehingga model pembelajaran discovery learning lebih berpengaruh terhadap kemampian berpikir kritis peserta didik.