SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL GEOGRAFI UNTUK SISWA KELAS XI-IIS SMA

Ferliana Ariyanti

Abstrak

Berita update - harianwartawan surat kabar nasional - beritareportaseharian berita terkini - harianberitaterkini informasi terbaru - informasiberitaharian berita hari ini - wartawanhariini berita kriminal - kriminalharian

Ferliana,Ariyanti. 2016. Pengembangan Modul Geografi untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial,  Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Hadi Soekamto, S.H, M.Pd, M.Si, (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd

Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Geografi

Penelitian dan pengembangan produk pendidikan didasarkan pada analisis kebutuhan. Analisis tersebut terdiri dari analisis kebutuhan modul sebagai bahan ajar berdasarkan tuntutan kurikulum yang diterapkan, analisis kebutuhan modul sebagai bahan ajar berdasarkan karakteristik siswa, dan analisis kelemahan modul sebagai bahan ajar yang sudah diterapkan. Berdasarkan analisis modul sebagai bahan ajar sesuai tuntutan kurikulum yang diterapkan, Kurikulum 2013 membutuhkan suatu modul sebagai bahan ajar yang mampu mengembangkan kemampuan individual siswa serta melatih siswa lebih mandiri dalam melaksanakan pembelajaran. Berdasarkan analisis kedua, karakteristik belajar antara siswa satu dengan lainnya tidak sama. Perbedaan tersebut terletak pada kecepatan belajar siswa. Adanya perbedaan tersebut, siswa membutuhkan bahan ajar yang mampu menjadi sarana untuk belajar sesuai karakteristiknya. Berdasarkan analisis ketiga, diketahui bahwa Modul Geografi yang diterapkan pada SMA BSS masih banyak mengalami kekurangan. Kekurangan tersebut diantaranya terkait standar penulisan modul, aspek desain, layout, dan isi. Oleh sebab itu, berdasarkan ketiga analisis di atas dibutuhkan pengembangan Modul Geografi agar tercipta Modul Geografi yang lebih baik.